Senin, 17 September 2012

PTA (Parent Teacher Association) Harapan Bangsa



Berawal dari kerinduan orangtua murid untuk turut terlibat dalam usaha memajukan SDK Harapan Bangsa, setelah melalui perbincangan yang matang. Setelah melewati beberapa waktu perencanaan, akhirnya terbentuklah sebuah  Organisasi Intra Sekolah untuk orangtua murid yang bernama Parent Teacher Association atau lebih dikenal dengan sebutan PTA. Pada tanggal 8 Agustus 2012 PTA resmi berdiri, dan bersamaan dengan hari itu juga telah dibentuk pengurus PTA yang terdiri dari perwakilan beberapa orangtua siswa dan beberapa orang guru. Terpilih sebagai Ketua PTA yaitu Bapak Seven Jon(Papa Joya) dengan Wakil Ketua Ibu Efrat Sinambela (Mama Priskila) dan dengan beberapa pengurus lainnya seperti:
Bendahara I                            : Ibu Niniek (mama Chintya)
Bendahara II                           : Ibu Claudia
Sekretaris I                             : Ibu Lily (mama Calista)
Sekretaris II                            : ibu  Amy
Bid. Sarana dan Prasarana    : Bapak Bugie (Papa Ariela)
Bid. Kerohanian                      : Ibu Nita (Mama Michellia Agatha)
Bid. Parenting                        : Ibu Siska (mama Irene), Ibu Yolanda (Mama Yosan), Ibu Nancy (Mama Wesley), Bapak Ifan ( Papa Kedrick), dan Ibu Dewi ( Mama Keio)


Kedepannya, diharapkan PTA mampu menjadi jembatan penghubung antara orangtua dan pihak sekolah dalam menyampaikan aspirasi, saran, dan pandangan orangtua murid terhadap sekolah. Tujuan dibentuknya PTA ini adalah menjadi wadah bagi orangtua murid yang ingin turut serta membangun sekolah Harapan Bangsa menjadi lebih baik lagi, mewujudkannya dalam tindakan nyata.

Selain sebagai wadah penampung aspirasi orantua murid, PTA juga menjadi perpanjangan tangan Sekolah dalam hal media komunikasi antara sekolah dan orang tua murid. Selain itu, PTA juga mempunyai program-program yang akan dilaksanakan di sekolah. Sebagai contoh, untuk rencana jangka pendek, PTA akan mengadakan “Air Kejujuran”. Konsep “Air Kejujuran” ini seperti konsep kantin kejujuran, yaitu siapa saja yang mengambil air dari dispenser Air Kejujuran, harus meletakkan sejumlah uang sesuai keiklasan masing-masing anak. Uang yang terkumpul dari air kejujuran ini nantinya akan dialokasikan untuk mendanai kegiatan-kegiatan sosial atau pada acara-acara yang akan diselenggarakan PTA.

Sebagai langkah awal, pada hari Jumat, 14 September 2012 kemarin, PTA mengadakan pertemuan yang pertama mengundang seluruh orangtua/ wali murid SDK Harapan Bangsa. Tujuan dari diadakannya pertemuan PTA ini adalah untuk sosoalisasi dan memperkenalkan PTA kepada seluruh orangtua/wali murid. Pada kesempatan kali ini juga, PTA memberi kesempatan pada seluruh undangan untuk menyampaikan usulan-usulan positif rencana kegiatan PTA yang akan datang. Selain itu, pada kesempatan yang baik ini pula, ada tambahan informasi mengenai sosialisasi BIAS ( Bulan Imunisasi Anak Sekolah) yang disampaikan oleh Kepala PUSKESMAS Balikpapan Utara, yaitu Drg. Sulis beserta petugas. Selama kurang lebih 30 menit, Drg. Sulis dan juga asisten menyampaikan pentingnya Imunisasi pada anak usia sekolah untuk menjaga kekebalan tubuhnya hingga nanti dewasa. Beliau juga menekankan, untuk menciptakan anak cerdas, dapat dimulai dengan menjaga kesehatan anak, menghindarkan anak dari sakit dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh, salah satunya dengan imunisasi.

Doa Pembukaan Oleh Mrs. Lenny


Orangtua Murid yang hadir


Inilah Beberapa Pengurus PTA

Bapak Steven Jon, Ketua PTA 2012/2013

Drg. Sulis memberi pengarahan ttg BIAS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar