Kamis, 13 September 2012

Fun Learning On Science Class

Reyna n Jose sebelum kelas mulai... ANTUSIAS!!

Apa yang terlintas dipikiran kita saat mendengar kata “Science”??
Mungkin ada dari kita yang masih berpikir bahwa Science berkaitan dengan hal-hal serius yang membuat pusing kepala, terbayang tabung-tabung berwarna-warni berisi cairan-cairan kimia yang sedang diamati seorang peneliti dengan tampang serius berkacamata tebal dan rambut acak-acakan seperti Einstein  dan papan tulis berisi rumus-rumus yang sulit dipahami.

Segera tinggalkan prespektif lama yang mengatakan belajar Science itu membosankan, dan apa yang dipelajari dalam science itu sesuatu hal yang sulit dipahami. Masih tidak percaya? Mari kita tengok pelajaran science dikelas  1B yang diampu oleh Mrs. Luluk. Tidak ada raut muka serius, rambut yang acakan-acakan karena terlampau serius karena pusing dengan pelajarannya. Justru yang ada adalah wajah-wajah cerah ceria dan sangat antusias dari anak-anak kelas 1 B ini. Anak-anak 1 B sangat bersemangat mengikuti pelajaran Science, karena teacher mereka sudah menyiapkan peraga untuk pelajaran Science. Kali ini mereka akan belajar tentang “Types of Foods; Healthy and Unhealthy Food”. Dikelas, Mrs. Luluk  (dan dibantu oleh beberapa orangtua murid) sudah menyiapkan berbagai jenis makanan dan kemudian mengelompokkannya kedalam 3 bagian. Bagian pertama terdiri dari buah-buahan, sebagai “Food which Help Us Grow Up”, bagian ke-dua terdiri susu, keju, dan telur, yang dikelompokkan sebagai “Food which Give Us Energy” dan bagian terakhir kelompok makanan yang terdiri dari roti tawar, selai, jagung, kentang dan nasi yang merupakan kelompok “Food which Make Us Strong”.

Tidak hanya melihat, anak-anak juga diajak meng-eksplore rasa dari jenis-jenis makanan tersebut dengan cara mencicipi dari jenis-jenis makanan tersebut, tentu saja sebelumnya anak-anak harus mencuci tangannya dengan sabun dulu sebelum makan. Kebiasaan hidup sehat yang selalu diterapkan oleh SDK Harapan Bangsa. Anak-anak terlihat lebih antusias lagi. Dengan metode fun learning ini, anak-anak dengan mudah menyerap  dan memahami ilmu yang diberikan karena mereka belajar dengan suasana kelas yang menyenangkan. Keuntungan lain dengan adanya nya fun learning ini, anak-anak akan lebih mudah mengingat pelajaran yang diberikan, karena mereka ikut menyaksikan dan terlibat didalamnya, bukan hanya mendengarkan teori dan kemudian dihapalkan.

Okay.. Sit Nicely Kids :)







yap yap.. siapa yang bisa jawab??

gimana rasanya?? Icip2 time ;)






Ternyata belajar Science bisa jadi mengasikkan untuk anak-anak ya?? Tidak ada pelajaran yang menakutkan atau menjadi momok bagi anak-anak, jika disampaikan dengan cara yang mengasikkan dan tepat. Anak-anak tidak akan merasa ‘terpaksa’ untuk belajar, justru mereka sangat menanti-nanti pelajaran dan penasaran dengan apa lagi hal baru yang akan mereka pelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar