Senin, 01 Oktober 2012

Pemenang Lomba Robotic

Sabtu, 29 September 2012 anak-anak Happy Holy Kids Balikpapan sedang menunggu di Balikpapan Trade Center. Mereka begitu bersemangat, Nelson, Bryan Tjan, Arel, Marco, Kenneth Wong, Nicholas, Andrew, dan Dustin Kazuo sedang bersiap-siap untuk mengikuti lomba Robotic yang di selenggarakan oleh Edu Robo - partner dari Happy Holy Kids untuk ekstrakurikuler Robotic di sekolah.

Hari itu mereka duduk di atas panggung dan menyiapkan meja-meja kecil yang mereka bawa dari rumah. Sebagian dari mereka, duduk di barisan depan. Materi lomba dari bahan balok kayu bermagnet, sedang dibagikan. Mereka taat kawan-kawan. Mereka paham kalau hari itu mereka sedang berlomba. Saat ka' Anna menghitung 1...2...3, mereka langsung membuka kotak plastik di depan mereka itu.
Bryan Tjan
Dustin Kazuo

Pada sesi pertama, Bryan dan Dustin duduk berdekatan, walau senang sekali mengobrol tapi mereka tetap bisa menyelesaikan rancang bangun mereka loh. Tidak kalah dengan sesi-sesi berikutnya. Kali ini Nelson dan Arel yang berlomba untuk membangun suatu bentuk. 

Ternyata anak-anak begitu kreatif, mereka di berikan waktu kurang lebih 15 menit untuk merakit potongan-potongan kayu bermagnet itu. Nelson mempresentasikan hasil karyanya, "Ini ular, dan ini rumah ularnya....", ujar Nelson polos. Tak kalah dengan Arel, "Arel buat robot Transformer", yang notabene bentuknya seperti mobil, bus dan pesawat. Rupanya Arel yang awalnya membangun bentuk robot, dalam 5 menit terakhir ia mengubahnya menjadi bentuk-bentuk yang berbeda. "Robotnya sudah berubah jadi robot bus, robot mobil, sama robot pesawat.", Arel menjelaskan.

Nelson & Arel
Kenneth, Nicolas, Andrew, & Marco
Dalam sesi berikutnya pukul 13.00, kloter terakhir maju ke panggung. Disana duduk, Kenneth, Nicolas, Andrew dan Marco. Waktupun di mulai sampai 15 menit kemudian, Kenneth pun pertama mempresentasikan hasil karyana, "Ini mobil, ini pesawat, ini kereta api, ini rocket, dan ini sepeda", katanya. Ka' Uca pun bertanya lagi, "Ada bagian apa saja disini?". "Ini mobil ada lampunya, ini kereta api ada cerobongnya, nanti keluar asapnya yah. Ini roket, bisa keluar asap juga kalau ga ada asapnya nanti jatoh. Ini sepeda, sepeda ada stirnya kalau ga ada setirnya ga bisa jalan. eh, ini pesawat, pesawat ada sayapnya. Selesai....", dengan penuh percaya diri Kenneth menceritakan hasil karyanya. Merekapun selesai, dan pulang kerumah masing-masing, sambil menunggu kabar berita pemenang dari Edu Robo.

Proses perakitan
Wahhhhh....tidak disangka, pukul 14.00 hari Minggu semua guru dan kepala sekolah HHK mendapat kabar, bahawa dua dari siswa TK Happy Holy Kids, menang dalam lomba Robotic di BTC. Puji Tuhan !!! Kenneth Wong menyandang juara 1 dan Nelson Oktokumara menyandang juara Harapan 3. Mereka begitu gembira, bangga bercampur menjadi satu. Luar biasa. 
Sudah Jadi....
Potensi maksimal mereka tergali, bakat, kreatifitas, serta imajinasi yang besar.

Hari ini kita belajar dari banyak kesederhanaan anak-anak namun mereka bisa memberikan yang terbaik. Apakah kita juga bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia? 
Ya kita bisa. Tuhan Memberkati.




Kenneth Wong "Juara I"
Nelson Oktokumara "Juara Harapan 3"

1 komentar:

  1. maju ters hhk..mantap..4 jempol utk miss2nya yg membimbing anak2...

    BalasHapus